Minggu, Juli 19

Pengaruh Kualitas pelayanan Kesehatan dan Lingkungan Kerja terhadap kepuasan Kerja Pegawai Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat (2009)

Abstrak Thesis
Arya Nugraha . Pengaruh Kualitas pelayanan Kesehatan dan Lingkungan Kerja terhadap kepuasan Kerja Pegawai Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat (2009). Program Pascasarjana Manajemen Kesehatan Jakarta.
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat yang berlangsung 2 (dua) bulan dari bulan Desember 2008 sampai dengan Januari 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Responden penelitian adalah pegawai Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat sebanyak 30 orang pegawai yang dipilih berdasarkan teknik sensus. Instrumen yang dipergunakan adalah angket untuk menghimpun data variabel kualitas pelayanan kesehatan, lingkungan kerja dan kepuasan kerja pegawai.
Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, dan korelasi ganda, serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linier sederhana dan ganda. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan kerja pegawai Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Ini berarti bahwa makin tinggi kualitas pelayanan kesehatan seorang pegawai akan makin tinggi pula kepuasan kerja pegawai tersebut.
Kedua, terdapat pengaruh positif lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Artinya makin baik lingkungan kerja seorang pegawai, makin tinggi pula kepuasan kerja pegawai tersebut.
Ketiga, terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan kesehatan dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja pegawai Puskesmas Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Dengan demikian berarti bahwa makin tinggi kualitas pelayanan kesehatan seorang pegawai dan makin baik lingkungan kerjanya, akan makin tinggi pula kepuasan kerja pegawai tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger