Rabu, Desember 8

Suhardiman: Naluri Saya, SBY Memimpin Hanya Sampai 2012

Berbagai kritik dan peristiwa yang menimpa lingakaran Istana Negara belakangan ini telah menurunkan wibawa Presiden SBY. Meskipun kritik dalam negara demokrasi merupakan kewajaran, namun sebagian kalangan menganggap hal itu sebagai tanda-tanda awal kejatuhan Presiden dari Partai Demokrat itu. Dukun politik yang terkenal pada masa Orde Baru, Prif Dr Suhardiman SE, bahkan meramalkan SBY akan lengser akibat terjadinya gejolak pada tahun 2012 nanti, yakni dua tahun sebelum akhir masa jabatannya. Apakah alasan yang melandasi ramalan pendiri SOKSI (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) itu? Berikut petikan wawancara Kabar Politik dengan politisi sepuh itu di kantor SOKSI, Jakarta, Senin (24/7).

Dari waktu ke waktu, kewibawaan Presiden SBY dan lembaga Kepresidenannya seolah terus menerus mengalami degradasi. Bagaimana penilaian Anda?
Begini ya, sebelum orang berbuat biasayanya selalu melalui dua proses, yakni naluri dan pikiran. Naluri saya sebagai senior sejak semula sudah mengatakan masa kepemimpinan SBY tidak sampai 2014. SBY memimpin hanya sampai 2012, dua tahun leih cepat dari masa jabatannya.

Mengapa naluri Anda bisa memprediksikan seperti itu?
Justru ini yang harus dicari penyebabnya apa? Kalau saya melihat SBY ini jatuh dua tahun sebelum masa jabatannya berakhir. Kepercayaan masyarakat terhadap SBY memang sedang menurun. Hanya menurunnya ini yang perlu kita cari faktor penyebabnya. Pertama, mungkin karena faktor psikologi, itu terjadi karena ada kejenuhan. SBY kan sudah memimpin negara ini dua periode. SBY itu bukan pememimpin yang dilahirkan. Berbeda dengan Bung Karno dan Soeharto.

Maksud Anda?
Bung Karno itu kan born leader, bukan made leader atua bukan pemimpin yang direkayasa, melainkan pemimpin yang dilahirkan. Pak Harto juga born leader. Sementara SBY ini made leader. Jadi presiden dengan rekayasa melalui berbagai cara. Contohnya melalui kasus Century atau DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan sebagainya.
Kalau saya membandingkan dengan ramalan Joyoboyo, ahli nujum sepanjang masa itu mengatakakan, kelak apabila Indonesia merdeka sampai sejahtera itu akan dipimpin oleh tiga satrio (born leader). Pertama, Indonesia dipimpin Bung Karno selama 22 tahun. Dia mengatakan, yang pertama Indonesia dipimpin oleh satrio kinonjoro yang keluar masuk penjara, yakni Bung Karno dan Bung Hatta. Namun Bung Hatta mengundurkan diri di tengah jalan. Dia tidak melanjutkan memimpin republik ini di tengah jalan.

Lantas siapa yang kedua dan ketiga?
Born leader yang kedua disebut satrio mukti wibowo, seorang satrio yang mukti dan berwibawa, dialah Pak Harto. Sedangkan born leader yang ketiga adalah satrio piningit artinya seorang satrio yang saat ini sedang dipingit oleh Tuhan. Namun pertanyaannya kapan satrio piningit itu lahir?
Nah sejarah saya pikir akan berulang. Born leader yang pertama ketika masa kepemimpinanya menelan korban kurang lebih 1 juta jiwa, yakni pada masa perang kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan. Sementara born leader yang kedua pada masanya jatuh korban kurang lebih 1 juta jiwa juga yakni pada peristiwa Gerakan 30 September PKI 1965. Jikalau sejarah itu berulang dan terjadi pada satrio yang ke-3 yakni satrio peningit, maka saya ramalkan akan menelan korban sekitar 1 juta jiwa juga.

Berarti harus ada gejolak terlebih dulu maksud Anda?
Ya. Hal ini tentunya muncul karena adanya suatu masalah yang merupakan gejolak. Gejolaknya apa? Sekarang ini masayarakat menuntut kehidupan yang lebih baik, namun hingga saat ini tuntutan itu belum tercapai. Kondisi ini akhirnya akan meluapkan kemarahan-kemarahan masyarakat. Mungkin saja akan bersamaan dengan masalah Century. Century ini kan timbul tenggelam dan mungkin akan muncul kembali. Kalau itu muncul kembali tentunya akan akan makan korban. Korban pertama adalah Wakil Presiden Boediono. Masalah Century ini konon tersangkut juga pada dana Pemilu Presiden lalu (2009). Jika itu terjadi, maka presiden akan tersangkut. Jika presiden tersangkut, maka dua-duanya akan jatuh. Presiden kosong dan wapres kosong. Jika menuruti aturan keputusan MPR bahwa yang akan dipimpin tiga tokoh antara lain Medagri, Menpolkam, dan Menlu.

Jadi Anda memang melihat adanya kemerosotan kewibawaan SBY?
Saya juga meyakini bahwa kewibawaan SBY sedang merosot. SBY itu made leader bukan born leader.

Bisa Anda jelaskan bagaimana sosok born leader itu bagaimana, untuk bisa memprediksikan siapa gerangan yang akan menjadi satrio piningit itu?
Menurut pengalaman saya, seorang leader, baik itu pemimpin besar atau kecil, pemimpin Ormas sampai ke presiden, sebenarnya ada 5 syarat. Yakni pertama, harus bisa berperan sebagai seorang Bapak atau Ibu. Kedua, harus mampu berperan sebagai wali yaitu harus mampu mewakili peran orang yang dipimpinnya, bukan kepentingan diri sendiri. Ketiga, harus bisa menjadi seorang guru yang mampu memimpin kadernya sehingga bisa menjadi besar. Keempat, seorang pemimpin juga harus bisa berperan sebagai seorang kawan. Nah, seorang kawan itu dalam kedinasan memiliki jarak, tetapi jika diluar kedinasan mereka akan akrab sekali. Ini kekurangan dari SBY. Dia bukan tipe pemimpin yang demikian. Kelima, seorang pemimpin juga harus menjadi seorang komandan. Seorang komandan, apabila anak buahnya berjasa, maka dia akan memberikan balas jasa setimpal dengan jasanya. Namun jika salah, maka akan diberikan hukuman yang setimpal juga. Semua kriteria ini tidak dipenuhi oleh SBY. Inilah kekuaranganya. SBY memang seorang pemimpin, tetapi jika diihat dari persyaratan seorang pemimpin yang sempurna maka dia kurang.

Apakah Anda sudah punya bayangan siapa sejatinya yang akan tampil sebagai born leader ketiga itu?
Ini yang digambarkan oleh Joyoboyo adalah orang yang kesambar atau kesandung dan tidak diduga-duga atau tidak diharapkan sebelumnya. Tetapi oleh karena sesuatu hal dia mendapat wahyu dari Tuhan. Walaupun dia termasuk orang kesambar atau kesandung, tokoh itu muncul pada saat negara ini sedang berada dalam sebuah gejolak yang mungkin akan memakan korban sekitar 1 juta orang. Dan saya kira salah satu persoalan yang bisa menjadi pemicu adalah masalah Century. Sejarah akan berulang. Naluri saya mengatakan gejolak itu akan muncul pada 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger