Selasa, November 2

Knapa Hidup ini sulit??

Siapa bilang hidup itu sulit? Hidup itu gampang kok, bahkan tidak diminta pun kita terlahir dan hidup di dunia ini. Ya ya ya saya tahu pertanyaan itu konteksnya demikian, hidup sulit karena kurang harta, hidup sulit karena tidak ada lawan jenis yang menyukai, hidup sulit karena cacat mental, hidup sulit karena cacat fisik, hidup sulit karena difitnah, hidup sulit karena tidak puas dengan apa yang telah didapatkan, dan lain-lain. Ada banyak alasan lainnya untuk mengatakan bahwa hidup itu sulit!

Meninjau dari pengalaman sehari-hari, orang yang mengatakan atau mempertanyakan “hidup itu sulit” kebanyakan adalah kesulitan karena harta, tidak punya uang, dan tidak memiliki pekerjaan untuk menunjang hidup. Sialnya, manusia dilahirkan tanpa diminta oleh manusia itu sendiri. Manusia lahir begitu saja, kadang ada yang lahir di keluarga yang kaya dan ada pula yang lahir di keluarga miskin nan merana. Sayangnya, menurut sepenglihatan saya, manusia banyak yang lahir di keluarga miskin. Miskin dalam artian, mendapatkan makanan sulit, mendapatkan pekerjaan sulit, mendapatkan pakaian yang layak sulit, dan mendapat pasokan air bersih yang sulit.

Tidak ada yang tahu alasan kenapa orang terlahir ada yang di keluarga miskin atau kaya. Orang hanya bisa menerimanya begitu saja. Jadi, pertama-tama hidup itu sulit karena memang dari sananya. Untungnya, hidup yang sulit itu bisa diubah dengan kerja dan usaha yang ulet. Kalau dikatakan tidak adil, saya juga masih ragu-ragu soalnya banyak juga orang kaya jatuh miskin, dan orang miskin naik jadi kaya.

Kalau saya merasa dan bertanya, “mengapa ya hidup ini sulit?” Saya akan menjawabnya untuk diri saya sendiri “karena saya tidak mengerti apa hakikat kesulitan sesungguhnya..”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger