Senin, Maret 29

Perbedaan Adam dan Iblis

Apa yang menghalangimu untuk bersujud kepada Adam ketika AKU menyuruhmu?, Iblis menjawab ,,karena aku lebih daripadanya, Engkau ciptakan aku dari api sedangakan Kau ciptakan dia dari tanah (QS 7:11-12), inilah kebutaan rohani iblis, karena tidak mampu melihat makna disebrang bentuk, dan kata katanya merupakan akar dosa manusia ; kesombongan, iri hati dan pembangkangan.

Karena bangga diri dan buta hati, manusia tak lagi memuliakan nabi, wali,ulama da orang suci, kata mereka, bagi tuhan saja sujud kupersembahkan. Debu iri menjadi tirai hijab, yang menutup kilauan kebaikan dari mata penglihatan. Iblis mengucapkan sumpah serapah pada Tuhan, karena Engkaulah yang menjadikanku tersesat, itu kehendak-Mu.Maka akan jadikan mereka memandang baik perbuatan maksiat di muka bumi (QS 15;39).

Sebaliknya ketika adam dan hawa diusir dari surga, mereka berkata, ya..Tuhan Kami,kami telah menganiyaya diri kami sendiri. Inilah kepasrahan Adam, setelah penyesalan Adam, Tuhan berfirman, Oh...Adam bukakankah Kuciptakan dosa untukmu, melaikan sebagai ujian atas keimananmu, mengapa engkau tak menentang-Ku? bukankah engkau dapat berkata,"segalanya datang dari Engkau,apapun yang terjadi adalah yang Engkau kehendaki, mengapa tak kau katakan dan membantah-KU? Adam menjawab, aku tahu semua itu Ya-Alloh, namun aku tak dapat meninggalkan kesantunan dihadapan kehadirat-MU, cintaku pada-MU tang menijinkan aku mencela Engkau.

Adam tergelincir karena nafsu perut dan birahi, iblis tergelincir karena kesombongan dan ambisi, Adam segera memohon ampunan, sedangkan iblis terlalu sombomg untuk menyesalinya.

Hilangkan sifat sombong dalam diri kita wahai Insan yang berbudi....karena tidak ada yang pantas untuk kita sombongkan dan sombong bukan sifat manusia yang bijak tapi sifat iblisss...hidup dan mati hanya milik-NYA..semoga kita dijauhkan dari sifat sombong dan tinggi hati....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger