Rabu, Mei 4

No Customer, No Money!

Customer mempunyai banyak pilihan dalam menentukan tempat restoran, tempat perbelanjaan atau coffe shop yang akan didatangi. Ada berbagai faktor yang menjadi pertimbangan customer sebelum mereka menjatuhkan pilihannya, hal ini dapat ditentukan dengan berbagai hal antara lain suasananya, mutu product, mutu pelayanan dan/atau faktor hygiene (kebersihan) atau dengan kata lain bukanlah hal yang sulit bagi customer untuk membandingkan kualitas, pelayanan dan kebersihan di antara yang satu dengan yang lain sebelum akhirnya menjatuhkan pilihannya.

Untuk mendukung hal ini peranan manager sangat penting bersama karyawannya harus mampu mewujudkan satu tugas utama pelayanan dengan pemikiran yang sama yaitu ONE MIND, ONE HEART, ONE GOAL untuk memberikan pelayanan yang memuaskan kepada tamu agar tamu tersebut datang kembali.

Manager dan karyawan harus benar-benar bisa berpikir bagaimana cara untuk membuat customer menjadi puas dengan semua yang ada pada restoran, tempat perbelanjaan atau coffee shop tempat kita bekerja. Satuhal yang perlu dicatat dan sangat penting adalah “TAMU ADALAH YANG MEMBAYAR GAJI KITA” bahkan banyak kita dengar kalau ada istilah “TAMU ADALAH RAJA” dan itu sangat benar sekali karena kalau tidak ada Tamu maka tempat kita bekerja tidak akan mungkin ada penghasilannya, karena itulah ketika tamu tidak puas oleh hasil kerja kita maka bisa dipastikan tamu tersebut tidak akan balik lagi ke tempat kita apalagi mempromosikan tempat kita kepada teman-temannya.

Masukan/saran-saran yang datang dari complaint/keluhan customer pun juga merupakan hal yang sangat penting untuk ditanggapi dan ditindaklanjuti sebagai wujud peningkatan kepuasan terhadap customer. Bagaimanakah cara yang tepat dalam bersikap ketika complaint itu disampaikan kepada kita?

Cara yang sangat baik ketika kita menghadapi customer complaint adalah mendengarkan terlebih dahulu apa yang menjadi permasalahan/fokus dari costumer tersebut setelah itu baru kita memberikan solusi yang kira-kira dapat membuat costumer tersebut puas dengan solusi kita. Jangan pernah mencoba memotong pembicaraan pada saat customer tersebut sedang berbicara karena dia tidak akan pernah suka akan hal itu.

Dengan adanya spirit ONE MIND, ONE HEART, ONE GOAL di dalam melakukan pekerjaan dan customer service oriented serta tahu handling customer complaint niscaya More Customer and More Money IN akan tercapai.

Selamat memberikan service yang terbaik

Oleh : Henny Novitasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger