Rabu, Mei 4

Seberapa Focuskah Perusahaan Anda Terhadap Pelanggan?

Banyak perusahaan yang pada masa ini terus brlomba-lomba memberikan nilai tambah khususnya dengan berfocus pada pelanggan (customer focus), seperti yang dilakukan oleh sebuah perusahaan penerbangan terbesar di negara kita PTGaruda Indonesia yang secara bertahap melakuan perubahan demi perubahan pada layanan dan hasilnya konsep baru diterapkan yaitu Indonesian Hospitality yang dijabarkan dalam The Garuda Indonesia Experience, memadukan keramahtamahan Indonesia yang khas dan aspek-aspek keselamatan dan kenyamanan.


Bagaimanakah dengan perusahaan anda? Sudah waktunya untuk melakukan perubahan demi perubahan pada layanan karena pelanggan adalah income bagi perusahaan anda. Berikut ini adalah beberapa point untuk menilai seberapa focuskah perusahaan Anda terhadap pelanggan?


1. Seluruh jajaran managemen di perusahaan Anda mulai dari Direksi dan Pemilik perusahaan sangan perduli dan memperhatikan pelanggan dan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Direksi dan Pemilik terus membicarakan hal ini sehingga karyawanpun akan melakukan hal yang sama dan akan merasa bersalah bila tidak memperhatikan pelanggan dan layanan.


2. Perusahaan menetapkan Standar Layanan (Service Standard) yang harus dijalankan oleh seluruh karyawan.


3. Karyawan menyadari bahwa dengan menjalankan Standar Layanan yang sudah ditetapkan perusahaan, akan memberikan keberhasilan bagi perusahaan sendiri pada akhirnya.


4. Karyawan secara konsisten memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan bahkan berusaha untuk memberikan lebih dari apa yang diharapkan oleh pelanggan.


5. Bila ada masalah dengan pelanggan maka karyawan akan segera mengatasinya bahkan bila perlu melibat Direksi. Direksipun akan all out untuk mengatasinya.


Bila perusahaan Anda belum memenuhi point di atas, maka saatnya untuk berubah dan focus pada pelanggan sebelum segalanya terlambat dan perusahaan kehilangan pelanggan yang potensil bahkan yang lebih buruk lagi adalah layanan yang buruk akan menghasilkan image yang buruk terhadap perusahaan.

by Elfi Manao

(Vibizmanagement - Services)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger