1. MATA KULIAH AGAMA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami konsep-konsep keagamaan yang ada di Indonesia dan menerapkannya dalam kehidupan keprofesian.

2. MATA KULIAH PANCASILA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami Pancasila sebagai dasar Palsafah dan Ideologi Bangsa Indonesia
b. Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

3. MATA KULIAH KEWIRAAN
Setalah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami konsep Wawasan Nusantara dan menerapkan dalam pelayanan keperawatan serta kehidupan keprofesian keperawatan

4. MATA KULIAH FILSAFAT KEILMUAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu menggunakan logika dalam berpikir dan memiliki kemampuan untuk merumuskan pemikiran mereka dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

5. MATA KULIAH METODOLOGI RISET
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memberikan pemahaman umum dan mendasar tentang metode pemecahan masalah secara ilmiah dan penelitian
b. Menerapkan pengetahuan terkait dalam menyelesaikan masalah dan penelitian keperawatan

6. MATA KULIAH ETIKA HUKUM
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep etika dan hukum dalam keperawatan
b. Menerapkannya pada beberapa situasi dan tatanan keperawatan (Pendidikan, Pelayanan dan Penelitian)

7. MATA KULIAH FISIKA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu menerapkan hukum-hukum utama mekanika, termodinamika, energi gelombang, listrik, dan fisika radiasi yang digunakan dalam praktek keperawatan dengan mengikuti perkembangan IPTEK Keperawatan

8. MATA KULIAH KIMIA
Setelah menyelesikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami teori dan prinsip-prinsip kimia untuk diterapkan dalam praktek keperawatan dengan mengikuti perkembangan IPTEK keperawatan

9. MATA KULIAH BIOLOGI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep biologi yang digunakan dalam praktek keperawatan dengan mengikuti perkembangan IPTEK keperawatan

10. MATA KULIAH PSIKOLOGI UMUM
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami pertumbuhan dan perkembangan jiwa/kepribadian manusia
b. Memahami konsep Psikologi Umum dan konsep HAM
c. Menjelaskan tentang konsep Psikologi Umum dalam pelayanan keperawatan

11. MATA KULIAH KOMUNIKASI UMUM
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami prinsip-prinsip hubungan antar manusia
b. Mengindentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antar manusia/ komunikasi
c. Menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi
d. Menerapkan prinsip-prinsip komunikasi dalam HAM khususnya dalam pelayanan keperawatan

12. MATA KULIAH ILMU SOSIAL DAN MASALAH KESEHATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Membedakan berbagai konsep dasar ruang lingkup sosiologi
b. Mengindentifiasi masalah-masalah kesehatan terkait dengan dinamika sosial masyarakat
c. Menguraikan hubungan antar dinamika masyarakat dengan masalah kesehatan masyarakat yang timbul

13. MATA KULIAH ANTROPOLOGI BUDAYA KESEHATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Mengindentifikasi perilaku sehat sebagai respons masyarakat terhadap penyebab penyakit
b. Membedakan pengaruh sistem pelayanan kesehatan dan kemajuan IPTEK KES pada berbagai sosial budaya masyarakat
c. Mengintegrasikan sistem pelayanan kesehatan dan IPTEK KES pada berbagai sosial budaya masyarakat

14. MATA KULIAH PENGANTAR ILMU POLITIK
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep Ilmu Politik
b. Menganalisa politik di Indonesia yang terkait dengan masalah keperawatan

15. MATA KULIAH ANATOMI MANUSIA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami ilmu Anatomi dan Histologi tubuh manusia dan menerapkannya dalam praktek keperawatan sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan

16. MATA KULIAH FISIOLOGI MANUSIA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami fungsi tubuh manusia dan menerapkan dalam praktek keperawatan sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan.

17. MATA KULIAH BIOKIMIA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami proses biokimia yang berlangsung dalam tubuh secara fisiologis maupun patologis serta faktor-faktor yang mempengaruhi dan menerapkannya dalam praktek keperawatan sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan

18. MATA KULIAH PATOLOGI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar dalam Patologi Anatomi, Patofisiologi, Patologi Klinik, dan menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam praktek keperawatan sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan.

19. MATA KULIAH MIKROBIOLOGI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami berbagai Mikroba yang dapat menyebabkan penyakit dan menimbulkan dampak bagi kesehatan manusia dan menerapkan konsep tersebut sebagai dasar dalam raktek keperawatan sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan

20. MATA KULIAH PARASITOLOGI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami berbagai organisme dan lingkungan hidup parasit yang dapat menyebabkan penyakit dan menimbulkan dampak bagi kesehatan manusia dan menerapkan konsep tersebut sebagai dasar dalam praktek keperawatan sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan

21. MATA KULIAH FARMAKOLOGI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami berbagai konsep Farmakolog dan menerapkan dalam praktek keperawatan sesuai dengan peran dan fungsi dengan mengikuti perkembangan IPTEK keperawatan

22. MATA KULIAH GIZI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu menerapkan pengetahuan dasar Gizi dalam praktek keperawatan sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan

23. MATA KULIAH EPIDEMIOLOGI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep dan prinsip-prinsip epidemiologi, perkembangan Epidemiologi dalam keperawatan dan ukuran-ukuran penyakit
b. Menerapkan konsep dan prinsip-prinsip Epidemiologi, Perkembangan Epidemiologi dan ukuran-ukuran penyakit dalam pembahasan kasus tertentu.

24. MATA KULIAH DEMOGRAFI DAN STATISTIK KESEHATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Mengindentifikasi indikator-indikator demografi dan status kesehatan masyarakat
b. Membedakan ciri-ciri masyarakat urban dan rural
c. Mengenal berbagai statistik deskriptif terkait dengan bidang kesehatan
d. Menerapkan statistik deskriptif pada pembahasan kasus tertentu

25. MATA KULIAH MANAJEMEN KESEHATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep dan prinsip-prinsip manajemen kesehatan
b. Memahami konsep dan prinsip-prinsip manajemen kesehatan di dalam asuhan keperawatan keuarga, komunitas dan gerontik

26. MATA KULIAH KESEHATAN LINGKUNGAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep dan prinsip-prinsip kesehatan lingkungan
b. Mengindentiikasi masaah kesehatan lingkungan dan peran perawat dalam penatalaksanaan pelayanan kesehatan lingkungan di Indonesia
c. Menerapkan konsep dasar, prinsip-prinsip kesehatan lingkungan dalam pembahasan kasus tertentu

27. MATA KULIAH BIOSTATISTIK
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahassiwa mampu:
a. Mengorganisir pengumpulan data mentah untuk pengukuran kuantitatif, membuat pikiran atas suatu keadaan berdasarkan data-data dan hubungan antar variabel
b. Menggunakan teknik dan perhitungan statistik untuk tujuan analisis sebagai dasar untuk mengambil keputusan

28. MATA KULIAH ILMU BEDAH
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu membedakan berbagai penyakit atau kelamin organ yang perlu dilakukan pembedahan, gambar umum metode pembedahan, konsidi organ tubuh dan fungsinya, serta tindakan yang perlu dilakukan sebelum, selama dan setelah pembedahan.

29. MATA KULIAH ILMU PENYAKIT DALAM
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami patofisiologi terjadinya perubahan fungsi sistem tubuh dikaitkan dengan penyakit klien
b. Mengelola asuhan keperawatan klien yang mengalami gangguan sistem pernapasan, kardiovaskuler, grastointestinal, perkemihan, keganasan, infeksi, dan penyakit tripis yang umum terajdi.

30. MATA KULIAH ILMU KESEHATAN ANAK
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu merumuskan “Jaras Kritikal” penyakit akut, penyakit kronik, dan penyakit yang mengancam kehidupan serta penyakit bedah pada anak, dan mengintegrasikannya dalam melaksanakan praktek keperawatan profesional yang aman dan efektif bagi neonatus, bayi, anak dan remaja sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan

31. MATA KULIAH OBSTETRI DAN GINEKOLOGI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami aspek biofisik manusia, pengaturan reproduksi wanita, masalah-masalah reproduksi wanita dan penatalaksanaannya untuk diterapkan dalam memberikan asuhan keperawatan

32. MATA KULIAH ILMU PSIKIATRI
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami perkembangan manusia dan psikodinamika proses terjadinya gangguan jiwa
b. Memahami konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa dan gangguan jiwa dalam konteks keluarga
c. Mengimplementasikan proses keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada individu dan keluarga yang mengalami masalah bio-psiko-sosio-spiritual dalam rentang sehat jiwa gangguan jiwa
d. Memahami sejarah perkembangan pelayanan kesehatan jiwa
e. Menganalisis kecenderungan dan isue dalam keperawatan jiwa
f. Mengindentifikasi area riset terkait dengan kesehatan dan keperawatan jiwa

33. MATA KULIAH RISET KEPERAWATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep dasar penelitian keperawatan
b. Merancang penelitian keperawatan
c. Melaksanakan penelitian keperawatan
d. Menyusun laporan penelitian keperawatan

34. MATA KULIAH METODOLOGI KEPERAWATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu menggunakan proses keperawatan sebagai metodologi ilmiah dalam menyelesaikan masalah-masalah klien yang ditemui dalam praktek keperawatan

35. MATA KULIAH KONSEP DASAR KEPERAWATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu memahami berbagai konsep dasar keperawatan dan mengintegrasikannya ke dalam cabang ilmu keperawatan lain, serta memodifikasi sesuai dengan perkembangan IPTEK keperawatan

36. MATA KULIAH KEBUTUHAN DASAR MANUSIA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu mengintegrasikan ilmu-ilmu yang terkait dalam melakukan keterampilan dasar untuk memenuhi kebutuhan manusia yang diperlukan dalam praktek keperawatan dan memodifikasikan sesuai dengan perkembangan IPTK keperawatan

37. MATA KULIAH PENDIDIKAN DALAM KEPERAWATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip pendidikan
b. Memahami komponen pembelajaran keperawatan
c. Mempersiapkan desain instruksional suatu unit pembelajaran
d. Melaksanakan pengajaran kelas dan klinik

38. MATA KULIAH KOMUNIKASI KEPERAWATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu :
a. Memahami konsep komunikasi terapeutik dalam keperawatan
b. Menerapkan konsep penggunaan diri sendiri secara terpeutik
c. Menerapkan konsep komunikasi terapeutik dan penggunaan diri sendiri pada kasus tertentu.

39. MATA KULIAH MANAJEMEN KEPERAWATAN
Setelah menyelsaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu :
a. Memahami konsep-konsep kepemimpinan dan manajemen keperawatan
b. Menerapkan prinsip dan keterampilan kepemimpinan dan manajemen dalam memberikan pelayanan keperawatan kepada klien

40. MATA KULIAH PENGANTAR PROFESI KEPERAWATAN
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep paradigma keperawatan
b. Memahami konsep dan teori keperawatan
c. Mengintegrasikan berbagai konsep dan teori ke dalam cabang ilmu keperawatan lainnya
d. Memahami keperawatan sebagai suatu profesi

41. MATA KULIAH KEPERAWATAN MEDIKAL
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep dasar asuhan keperawatan medikal bedah
b. Mengelolah asuhan keperawatan pada klien dewasa yang mengalami masalah kesehatan dan perubahan fungsi sistem tubuh

42. MATA KULIAH KEPERAWATAN MATERNITAS
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami berbagai konsep yang berhubungan dengan keperawatan meternitas
b. Memahami kebijakan pemerintah dalam kesehatan ibu dan anak (bayi baru lahir)
c. Memberikan asuhan keperawatan pada wanita usia subur, ibu hamil, ibu melahirkan, ibu setelah melahirkan, dan bayinya sampai usia 40 hari dan keluarganya pada kondisi normal maupun resiko tinggi dan keluarganya
d. Memberikan asuhan keperawatan pada wanita di antara dua masa kehamilan
e. Memberikan asuhan keperawatan pada wanita diluar masa reproduksi

43. MATA KULIAH ILMU KEPERAWATAN ANAK
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu :
a. Memahami konsep dasar untuk memberikan asuhan keperawatan profesional yang aman dan efektif bagi neonatus, bayi, anak dan remaja sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya, baik sehat maupun sakit.
b. Menerapkan teori, konsep dan prinsip keperawatan anak
c. Menggunakan proses keperawatan sebagai pendekatan
d. Memberikan asuhan keperawatan pada anak yang sakit akut
e. Memberikan asuhan keperawatan pada anak yang sakit kronis
f. Memberikan asuhan keperawatan pada anak yang sakit mengancam kehidupan

44. MATA KULIAH KEPERAWATAN JIWA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami perkembangan pelayanan kesehatan keperawatan jiwa sebagai pelayanan profesional
b. Memahami perkembangan jiwa manusia dan psikodinamika terjadinya masalah kesehatan keperawatan jiwa.
c. Menjelaskan berbagai masalah keperawatan jiwa dan psikodinamikanya
d. Mengintegrasikan konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa dan masalah keperawatan jiwa dalam pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan bidang keperawatan lain.
e. Menampilkan pemberian pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dengan menggunakan komunikasi perawatan terapeutik, penggunaan diri secara terapeutik, terapi modalitas keperawatan secara mandiri maupun kolaborasi melalui pendekatan proses keperawatan
f. Mengembangkan rasa percaya diri dalam melakukan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa
g. Menganalisis kecenderungan dan isu keperawatan jiwa
h. Mengidentifikasi area riset terkait dengan kesehatan dan keperawatan jiwa

45. MATA KULIAH KEPERAWATAN GAWAT DARURAT
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Mengelola asuhan keperawatan klien dengan kondisi kedaruratan dan kegawatan
b. Menggunakan peralatan khusus untuk melakukan tindakan yang spesifik pada pengelolaan kasus kegawatan.

46. MATA KULIAH KEPERAWATAN KOMUNITAS
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Membedakan konsep dasar kesehatan komunitas dan keperawatan komunitas
b. Mengidentifikasi kebijakan/program-program pokok kesehatan komunitas
c. Menampilkan konsep dasar kesehatan komunitas dan keperawatan komunitas, kebijakan /program-program pokok kesehatan dalam pelayanan/asuhan keperawatan komunitas
d. Mengembangkan rasa percaya diri dalam melakukan asuhan keperawatan komunitas

47. MATA KULIAH KEPERAWATAN KELUARGA
Setelah menyelesaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu:
a. Memahami konsep keluarga sejahtera dan adaptasi keluarga sesuai tahapan tumbuh kembang keluarga
b. Menampilkan konsep keluarga sejahtera dan adaptasi keluarga sesuai dengan tahapan tumbuh kembang keluarga dalam pelayanan/asuhan keperawatan keluarga
c. Mengembangkan rasa percaya diri dalam melakukan asuhan keperawatan keluarga

48. MATA KULIAH KEPERAWATAN GERONTIK
Setelah menyelsaikan cabang ilmu ini, mahasiswa mampu :
a. Memahami konsep dasar gerontik, teori bio-psiko-sosio/kultural dan spiritual pada proses penuaan serta keperawatan dasar pada lansia
b. Menampilkan konsep dasar gerontik, teori bio-psiko-sosio/kultural dan spiritual pada proses penuaan dalam pelayanan/asuhan keperawatan gerontik
c. Mengembangkan rasa percaya diri dalam melakukan asuhan keperawatan gerontik.