Sabtu, Agustus 7

Menangislah Tanpa Ragu




Memenuhi permintaan para sahabatku, akhirnya aku browsing mencari manfaat menangis untuk bahan tulisanku dan inilah hasilnya :

1. Menangis merupakan cara alami untuk mengusir unsur-unsur yang merugikan dan berbahaya dari dalam tubuh, yang dikeluarkan pada saat seseorang sedang mengalami kesedihan atau kekhawatiran.

2. “Menangis adalah pelepasan emosi yang paling tepat saat kita tak bisa mengungkapkannya lewat kata-kata,” kata Dr Simon Moore, psikolog dari London Metropolitan University. Menurut Profesor William Frey, ahli tangis dari AS, air mata yang dikeluarkan saat kita sedang emosional mengandung hormon endorphin atau semacam cairan morphin alami dari tubuh kita sehingga bisa membuat perasaan lebih plong. Menangis juga diketahui bisa menurunkan tekanan darah dan denyut nadi. Tangisan adalah pengganti ribuan kata yang tak mampu kita ucapkan, baik saat kita bersedih ataupun bahagia.

3. Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Amerika Serikat menyebutkan, 9 dari 10 orang mengaku merasa lebih lega setelah menangis. Bahkan, para ahli juga percaya kalau menangis bisa menyembuhkan sakit dan meningkatkan kadar hormon adrenalin yang memicu semangat dan menekan hormon kortisol pemicu stress.

4. Kajian ilmiah mengungkapkan bahwa perempuan lebih banyak menangis empat kali lipat dari pada laki-laki. Karena mereka mempunyai hormon prolaktin yang terkandung dalam air mata dan prolaktin juga bertugas memproduksi ASI. HOrmon proklaktin dan kelenjar-kelenjar air mata perempuan bentuknya lebih besar dari pada laki-laki. Para ilmuwan mensinyalir bahwa inilah yang menyebabkan perempuan mampu lebih lama bertahan hidup dari pada laki-laki. Karena perempuan dapat menetralisir racun dari tubuhnya melalui air mata.

5. Menangis akan menambah jumlah detak jantung dan dapat dikategorikan sebagai latihan yang berguna bagi diafragma serta otot-otot dada dan kedua pundak. Setelah menangis, kecepatan detak jantung akan kembali normal, sehingga ia akan mengendur dan akhirnya muncul perasaan yaman.

6. Air mata memiliki kemampuan handal membunuh microba yang sangat berbahaya karena mengandung unsur lizorium yang beracun.

7. Para peneliti menemukan bahwa tangisan yang paling pertama dilakukan oleh bayi ternyata bukan yang terjadi di ruangan bersalin,namun saat ia berada dalam kandungan ibunya.

8. Para ilmuwan malakukan analisis mengenai air mata, dan ternyata mereka mendapatkan bahwa air mata itu mengandung 25 persen dari protein dan sebagian dari metal, khususnya magnesium yang sarat dengan sejumlah racun yang bisa dibuang oleh seseorang dengan cara menangis dan mengeluarkan air mata.

9. Dr. M. ‘Abdul Lathif Balthiyyah, seorang dokter spesialis mata, berpendapat bahwa air mata itu mempunyai banyak faedah. air mata akan membantu elastisitas gerakan kelopak mata bagian atas dan bawah. air mata akan menjaga mata sebagai sebuah media untuk membersihkannya secara terus-menerus, sehingga dengan menangis akan menjaga mata dari kekeringan.

10. Di samping itu, air mata juga membantu mengusir setiap unsur yang bisa mengganggu mata, seperti cabe, asap, atau bahkan benda-benda yang padat seperti debu. Melalui kelenjar air mata, menagis juga bekerja untuk mengucurkan air mata dan mengusir benda-benda asing dari mata, sehingga mata bersih. Air mata juga bekerja untuk mentrasparankan kornea dan menjaga agar tidak kering. Ini merupakan faktor-faktor yang membantu kejelasan pandangan dan juga menjaga kekuatan dan akurasi pengelihatan.

11. Jika engkau berada di suatu tempat, di mana menangis menjadi suatu yang legal dan dapat diterima secara sosial, maka demi kesehatanmu, jangan ragu untuk menangis dan melepaskan diri dari perasaan sedih atau marah yang tersimpan di dalam lubuk hatimu. Ini merupakan kesimpulan riset ilmiah yang diadakan di Universitas Temple Amerika Serikat. Riset ini mengkomparasikan kebiasaan menangis pada perempuan. Ternyata wanita yang menderita colitis(radang usus besar) memandang bahwa menangis merupakan bukti sebuah kelemahan, sehingga mereka lebih memilih untuk menahan perasaan mereka(tidak mau menangis). Sementara, para wanita yang tidak terkena penyakit tersebut memandang bahwa menangis adalah hal biasa dan alami, jika keadaannya memang menuntut seseorang untuk menangis.

12. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. WilliamA. Barry di Pusat Penelitihan Mata dan Air Mata, di Saint Paul Medical Centre, menyimpulkan bahwa menangis itu sangat bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan emosi kita. Penelitihan itu juga menegaskan bahwa merupakan kesalahan jika kita menahan keinginan untuk menangis, manakala kita memang sedang menghadapi persoalan yang menuntut kita untuk menangis. Menahan air mata justru akan menyeretmu menuju terjadinya krisis hati, kekacauan lambung, sakit kepala, dan nyeri persendian.
Air mata sangat berperan dalam membersihkan mata kita dan juga berperan penting di dalam meringankan tekanan jiwa yang tersimpan, yang jika terus disimpan justru akan semakin memperparah berbagai jenis penyakit, seperti radang lambung, tekana darah tinggi, serta peradangan pada selaput usu besar.
Air mata itu berisi sekian banyak hormon yang dihasilkan pleh tubuh kita manakala kita sedang mengalami keteganggan jiwa. Oleh karena itu, ketika kita menangis, hormon-hormon keteganggan hilang dan akhirnya kita bisa merasa nyaman. Lupakan padangan masyarakat seputar air mata, menangis BUKAN aib atau kesalahan.

Jadi siapapun kita, lelaki atau perempuan, menangislah jika memang anda ingin menangis. Menangis tidak menyebakan kita tidak keren (pinjam bahasanya Andrea) pun dengan tidak menangis tidak menyebabkan kita makin keren.

Tangis adalah penyeimbang antara kelemahan dan kekuatan, duka dan suka, lara dan tawa, kesengsaraan dan kebahagiaan. Tinggal kita cari tempat aman buat menangis kalau tidak mau tangisan kita diketahui banyak orang. Yang terbaik adalah menangis dalam doa, saat kita bersendiri dengan Tuhan. Karena sungguh tangisan dalam doa akan membuat kita merasa dekat dengan Sang Pencipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger