Selasa, Mei 19

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERAWAT TENTANG PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RSD. SOREANG KABUPATEN BANDUNG

X + 72 Halaman + 14 Tabel dan diagram + 9 Lampiran

Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan professional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dan mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan Dokumentasi asuhan keperawatan juga sangat penting bagi perawat dalam hubungannya dengan aspek hukum, karena dengan dokumentasi yang benar dan lengkap dari proses keperawatan yang dilaksanakan dapat melindungi perawat secara hukum atas segala tindakan yang dikerjakannya Pengamatan penulis selama 5 (lima) tahun berdinas di RSD Soreang dan hasil wawancara dengan staf bidang keperawatan RSD Soreang pada tahun 2005, hasil self assessment dokumentasi asuhan keperawatan, pelaksanaan dokumentasi asuhan keperawatan belum memuaskan dilihat dari bukti fisik pendokumentasian di setiap tahap proses keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap perawat tentang Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di Instalasi Rawat Inap RSD. Soreang Kabupaten Bandung.
Jenis penelitian adalah studi deskriftif. Penelitian ini dilakukan pada sampel yang berjumlah 57 perawat pelaksana yang tersebar di lima ruang rawat inap. Data dikumpulkan dengan angket, pengetahuan dan skala sikap dianalisis dengan analisa deskriftif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan di IRNA RSD Soreang Kategori tinggi 60%, kategori sedang 30% dan kategori tendah 10%, sedangkan sikap perawat terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan 98% Favorable (mendukung) dan 2% Unfavorable (tidak mendukung) dengan rincian sebagai berikut: Ruang VIP, Ruang Melati, Ruang ICU dan Ruang Falmboyan rata-rata tinggi, satu ruangan yaitu Ruang Mawar tingkat pengetahuan tentang pendokumentasian asuhan keperawatan rata-rata sedang. Sedangkan hasil penelitian sikap perawat terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan menunjukan bahwa rata-rata semua ruangan dari lima ruangan yang diteliti mendukung (Favorale) terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan dapat memberikan masukan kepada fihak Rumah Sakit melalui pelatihan, inservice training ataupun program pendidikan lanjut, khususnya dibidang pendokumentasian asuhan keperawatan. Sehingga pengetahuan dan sikap perawat terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan akan meningkat.

Kata kunci : Pengetahuan dan sikap, perawat, pendokumentasian asuhan keperawatan, instalasi rawat inap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger