Jumat, Mei 22

Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja tehadap Budaya Organisasi Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung (2008)

ABSTRAK

ASEP ABDUL HARIS. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja tehadap Budaya Organisasi Puat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung (2008). Program Pascasarjana Magister Manajemen Kesehatan Jakarta.
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan hubungan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap budaya organisasi Puskesmas Kecamatan paseh Kabupaten Bandung baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung yang berlangsung 2 (dua) bulan dari bulan Juni sampai dengan Juli 2008. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Responden penelitian adalah pegawai Puskesmas Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung sebanyak 30 orang pegawai yang dipilih berdasarkan teknik sensus. Instrumen yang dipergunakan adalah angket untuk menghimpun data variabel gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan budaya organisasi.
Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, dan korelasi ganda, serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linier sederhana dan ganda. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh positif yang signifikan gaya kepemimpinan atasan terhadap budaya organisasi Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Ini berarti bahwa makin baik kepemimpinan yang dijalankan atasan pada seorang pegawai makin tinggi pula budaya organisasi tempat pegawai tersebut bekerja.
Kedua, terdapat pengaruh positif yang signifikan motivasi kerja terhadap terhadap budaya organisasi Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Ini berarti bahwa makin tinggi motivasi kerja seorang pegawai, makin tinggi pula budaya organisasi tempat pegawai tersebut bekerja.
Ketiga, terdapat pengaruh positif yang signifikan gaya kepemimpinan atasan dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap budaya organisasi Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung. Dengan demikian berarti bahwa makin baik kepemimpinan yang dijalankan atasan pada seorang pegawai dan makin tinggi motivasi kerja pegawai tersebut, makin tinggi pula budaya organisasi tempat pegawai tersebut bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger