Selasa, Mei 19

PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA PERAWAT TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI RUMAH SAKIT DAERAH SOREANG KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT

ABSTRAK

Wahyu. Wahdana: Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Perawat terhadap Efektivitas Organisasi Rumah Sakit Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Program Pascasarjana Magister Manajemen Kesehatan.
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja perawat terhadap efektivitas organisasi Rumah Sakit Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat yang berlangsung 2 (dua) bulan dari bulan Desember 2008 sampai dengan Januari 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Responden penelitian adalah perawat Rumah Sakit Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat sebanyak 70 orang perawat yang dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrumen yang dipergunakan adalah angket untuk menghimpun data variabel disiplin kerja, motivasi kerja perawat dan efektivitas organisasi.
Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, dan korelasi ganda, serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linier sederhana dan ganda. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh positif disiplin kerja perawat terhadap efektivitas organisasi Rumah Sakit Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Ini berarti bahwa makin tinggi disiplin kerja seorang perawat akan makin tinggi pula efektivitas organisasi tersebut.
Kedua, terdapat pengaruh positif motivasi kerja perawat terhadap efektivitas organisasi Rumah Sakit Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Artinya makin tinggi motivasi kerja perawat seorang perawat, makin tinggi pula efektivitas organisasi tersebut.
Ketiga, terdapat pengaruh positif disiplin kerja dan motivasi kerja perawat secara bersama-sama terhadap efektivitas organisasi Rumah Sakit Daerah Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat. Dengan demikian berarti bahwa makin tinggi disiplin kerja seorang perawat dan makin tinggi motivasi kerja perawatnya, akan makin tinggi pula efektivitas organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger