Jumat, Mei 22

Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Kader terhadap Kualitas Pelayanan Posyandu di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung

ABSTRAK

ENUNG HASANAH. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja Kader terhadap Kualitas Pelayanan Posyandu di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Program Pascasarjana Magister Manajemen Kesehatan Jakarta, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keterkaitan antara variabel bebas yaitu; kemampuan (X1) dan motivasi kerja kader (X2) dengan variabel terikat yaitu kualitas pelayanan posyandu (Y) di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.
Hipotesis yang akan diuji adalah 1) terdapat hubungan positif antara kemampuan dengan kualitas pelayanan posyandu, 2) terdapat hubungan positif antara motivasi kerja kader dengan kualitas pelayanan posyandu, dan 3) terdapat hubungan positif antara kemampuan dan motivasi kerja kader secara bersama-sama dengan kualitas pelayanan posyandu.
Penelitian ini dilakukan di Posyandu yang terdapat di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Secara umum populasi yang ada dalam penelitian ini cenderung memiliki karakter yang relatif homogin. Jumlah sampel yang diperlukan sebesar 60 kader dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel dari anggota populasi secara acak secara proposional.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berbentuk lima pilihan jawaban. Setelah data dikumpulkan, selanjutnya penulis melakukan analisa data secara kuantitatif dengan menggunakan dua metode analisis yaitu dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan dengan menggunakan uji korelasi dan uji regresi.
Dalam penelitian ini terdapat tiga kesimpulan pokok, yaitu (1) terdapat pengaruh positif kemampuan terhadap kualitas pelayanan posyandu di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Ini berarti bahwa makin tinggi kemampuan yang dimiliki kader posyandu, makin tinggi pula kualitas pelayanan posyandu tersebut. Demikian pula sebaliknya, makin rendah kemampuan yang dimiliki kader posyandu, makin rendah pula kualitas pelayanan posyandu tersebut. Oleh karena itu kemampuan kader merupakan variabel yang penting untuk diperhatikan di dalam memprediksi kualitas pelayanan posyandu. (2) terdapat pengaruh positif motivasi kerja kader terhadap kualitas pelayanan posyandu di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Ini berarti bahwa makin tinggi motivasi kerja kader posyandu makin tinggi kualitas pelayanan posyandunya. Demikian pula sebaliknya, makin rendah motivasi kerja kader posyandu, makin rendah pula kualitas pelayanan posyandunya. Oleh karena itu motivasi kerja kader merupakan variabel yang penting untuk diperhatikan di dalam memprediksi kualitas pelayanan posyandu. (3) terdapat pengaruh positif kemampuan dan motivasi kerja kader secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan posyandu di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Dengan demikian berarti bahwa makin tinggi kemampuan yang dimiliki kader posyandu dan makin tinggi motivasi kerja kadernya, makin tinggi pula kualitas pelayanan posyandu tersebut. Sebaliknya makin rendah kemampuan yang dimiliki kader posyandu dan makin rendah motivasi kerja kadernya, semakin rendah pula kualitas pelayanan posyandu tersebut. Kondisi ini menunjukkan bahwa kemampuan dan motivasi kerja kader, merupakan dua variabel yang penting untuk diperhatikan dalam menjelaskan peningkatan kualitas pelayanan posyandu.

1 komentar:

  1. Pa... boleh saya minta laporan lengkapnya? Saya tinggal di Baleendah nya juga. Saat ini saya sedang tesis. Terima Kasih

    BalasHapus

Powered By Blogger