Selasa, Mei 26

KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN-KELUARGA

Pendahuluan
Perkembangan Ilmu komunikasi di mulai dari disadari proses komunikasi itu terjadi di dalam diri seseorang, lalu berkembang antar personal, kelompok lalu berkembang lagi seiring dengan penemuan teknologi informasi, sehingga terciptanya media teknologi itu sendiri. Pendekatan multidisiplin menjadi salah satu perkembangan menarik dalam komunikasi, yang disebabkan perkembangan berbagai pengetahuan. Penerapan komunikasi mulai di butuhkan berdasarkan subjek keilmuan lainnya. Munculnya bentuk dan penerapan komunikasi dalam komunikasi Politik, komunikasi Biologi, Komunikasi Sosial, dan juga Komunikasi Kesehatan menunjukan kesadaran di perlukan keahlian komunikasi dalam berbagai bidang ilmu yang memiliki kekhususan masing-masing.
Global health communication, merupakan term yang berkembang dan di gunakan dalam bentuk pendekatan komunikasi dan area seperti interpersonal komunikasi, mobilisasi masyarakat dan sosial serta advokasi. Komunikasi antara dokter- pasien –keluarga, adalah komunikasi yang tidak dapat dihidarkan dalam kegiatan klinikal, yang merupakan bagian dari komunikasi kesehatan tersebut. Pasien datang berobat menyampaikan keluhannya, didengar, ditanggapi, oleh dokter sebagai respon dari keluhan tersebut. Seorang pasien yang datang berobat memiliki harapan akan kesembuhan penyakitnya. Sedangkan seorang dokter mempunyai kewajiban memberikan pengobatan sebaik mungkin. Keluarga memiliki peran dalam proses dialog tersebut. Memberikan masukan informasi, dorongan dan kerjasama dengan dokter untuk membantu kondisi pasien yang diharapkan.
Dalam proses komunikasi dokter – pasien- keluarga melibatkan banyak elemen yang harus di ketahui dan dipahami agar proses komunikasi tersebut berjalan dengan baik. Untuk itu perlunya pemahaman mengenai proses komunikasi itu sendiri, elemen yang ada di dalamnya, tujuan, proses komunikasinya, serta tipe komunikasi. Agar proses diagnosis terhadap pasien bersifat efektif, dokter harus trampil berkomunikasi dengan pasien, mampu mendengarkan pasien.
Komunikasi dokter-pasien-keluarga, merupakan salah satu aspek dari komunikasi kesehatan, yang memiliki tujuan meraih kesehatan masyarakat yang baik.sedangkan bentuk komunikasinya merupakan tipe komunikasi interpersonal, yang memiliki ke khususan dalam prosesnya. Memahami komunikasi interpersonal juga mengetahui elemen yang ada seperti bentuk pesan verbal dan non verbal, empati, serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar keberhasilan komunikasi ini. Selain itu perlunya di perhatikan nilai etika dalam proses komunikasi ini, mana yang dapat dan tidak dapat dilakukan dalam berkomunikasi.


Pengertian Komunikasi
Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang bermasyarakat dan hidup saling berkelompok. Hal ini membuktikan salah satu kebutuhan dasar manusia, yaitu keinginan untuk berkelompok dan berkomunikasi. Banyak pendapat pakar yang berusaha menguraikan alasan mengapa manusia mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi. Salah satu dari pakar komunikasi tersebut Thomas M. Sheildel (dalam Mulyana, 2002: 4) yang mengungkapkan bahwa komunikasi dibutuhkan oleh manusia untuk menyatakan dan mendukung identitas diri, untuk membangun kontak sosial dengan orang di sekitar kita dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa berpikir atau perilaku seperti yang kita inginkan.
Ada beberapa definisi komunikasi yang dinyatakan oleh beberapa ilmuan komunikasi. Menurut Bernard Berelson dan Gary A. Steiner (dalam Mulyana, 2002:62) menyatakan bahwa: "Komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, figur, grafik, dan sebagainya". Sedangkan Harlod Lasswell merumuskan komunikasi dengan pertanyaan Who Say What In Which Channel To Whom With What Effect?

Unsur-Unsur Komunikasi
Berdasarkan definisi Lasswell diatas dapat diturunkan lima unsur komunikasi yang saling bergantung satu sama lain, yaitu:
1. Sumber (source)
Sering disebut juga pengirim (sender), penyandi (encoder), komunikator (communicator), pembicara (speaker), atau originator. Sumber adalah pihak yang berinisiatif atau yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi, sumber boleh jadi individu, kelompok, organisasi, perusahaan atau bahkan suatu negara. Kebutuhannya bervariasi, mulai dari sekedar mengucapkan "selamat pagi" untuk memelihara hubungan yang sudah dibangun, menyampaikan informasi, menghibur, hingga kebutuhan untuk mengubah ideologi, keyakinan agama dan perilaku pihak lain. Menyampaikan apa yang ada dalam hatinya (perasaan) atau dalam kepalanya (pikiran), sumber harus mengubah perasaan atau pikiran tersebut kedalam seperangakat simbol verbal dan/ atau nonverbal yang idealnya dipahami oleh penerima pesan. Proses inilah yang disebut penyandian (encoding). Pengalaman masa lalu, rujukan nilai, pengetahuan, persepsi, pola pikir, dan perasaan sumber mempengaruhinya dalam merumuskan pesan tersebut.

2. Pesan (message)
Yaitu apa yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Pesan merupakan seperangakat alat verbal dan/ atau nonverbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan atau maksud sumber tadi. Pesan mempunyai tiga komponen: makna, simbol yang digunakan untuk menyampaikan makna, dan bentuk atau organisasi pesan. Simbol terpenting adalah kata-kata (bahasa), yang dapat merepresentasikan objek (benda), gagasan, clan perasaan, baik ucapan (percakapan, wawancara, diskusi, ceramah clan sebagainya) ataupun tulisan (surat, esai, artikel, novel, puisi, famflet, dan sebagainya). Kata-kata memungkinkan kita berbagi pikiran dengan orang lain. Pesan juga dapat dirumuskan secara nonverbal, seperti melalui tindakan atau isyarat anggota tubuh (acungan jempol, anggukan kepala, senyuman, tatapan mata, dan sebagainya) juga melalui musik, lukisan, patung, tarian, dlan sebagainya.
3. Saluran (channel)
Saluran atau media yakni alat atau wahana yang digunakan sumber untuk menyampaikan pesannya kepada penerima. Saluran boleh jadi merujuk pada bentuk pesan yang disampaikan kepada penerima, apakah saluran verbal atau saluran nonverbal. Pada dasarnya saluran komunikasi manusia adalah dua saluran, yakni cahaya dan suara, meskipun kita bisa juga menggunakan kelima indra kita untuk menerima pesan dari orang lain. Anda dapat mencium wangi parfum yang merangsang fantasi anda yang liar ketika anda berdekatan dengan seorang wanita yang tidak anda kenal di sebuah kafe, mencicipi ketupat lebaran yang disugukan tuan rumah, atau menjabat tangan sahabat yang baru lulus sarjana. Jabatan tangan yang erat (sentuhan) dapat juga menyampaikan lebih banyak pesan daripada kata-kata. Saluran juga merujuk pada cara penyajian pesan: apakah langsung (tatap-muka) atau lewat media cetak (surat kabar, majalah) atau media elektronik (radio, televisi). Surat pribadi, telepob, selebaran, Overhead Projector (OHP), sistem suara (Sound Sisytem) multi media, semua itu dapat dikategorikan sebagai (bagaian dari) saluran komunikasi. Pengirim pesan akan mengirim saluran-saluran itu, bergantung pada situasi, tujuan yang hendak dicapai dan jumlah penerima pesan yag dihadapi. Kita mungkin membaca artikel atau menonton siaran olahraga lewat televisi. Dalam suatu peristiwa komunikasi, sebenarnya banyak saluran yang kita gunakan, meskipun ada salah satu yang dominan. Misalnya, komunikasi langsung, bahasa (verbal dan nonverbal) adalah saluran yang menonjol meskipun pancaindra dan udara yang mengantarkan gelombang suara juga salah satu saluran komunikasi tatap¬muka tersebut. Dalam komunikasi massa, katakanlah melalui surat kabar, saluran yang paling menonjol adalah surat kabar yang kita baca, meskipun terdapat juga saluran yang lain yang juga berperan seperti telepon, faksimili, komputer, mesin cetak, kendaraan yang digunakan untuk mengantarkan surat kabar tersebut kepada pembaca, dan sebagainya.
4. Penerima (receiver)
Penerima (receiver), sering juga disebut sasaran/ tujuan (destination), komunikatn (communicatee), penyandi-balik (decoder) atau khalayak (audience), pendengar (listener), penafsir (interpreter), yakni orang yang menerima pesan dari sumber. Berdasarkan pengalaman masa lalu, rujukan nilai, pengetahuan, persepsi, pola pikir dan perasaan, penerima pesan ini menerjemahkan atau menafsirkan seperangakat simbol verba; dan/ atau nonverbal yang ia terima menjadi gagasan yang dapat ia pahami. Proses ini disebut penyandian-balik (decoding).
5. Efek,
Yaitu apa yang terjadi pada penerima setelah ia menerima pesan tersebut, misalnya penambahan pengetahuan (dari tidak tahu menjadi tahu), terhibur, perubahan sikap (dari tidak setuju menjadi setuju), perubahan keyakinan, perubahan tingkah laku (dari tidak bersedia membeli barang yang ditawarkan menjadi bersedia membelinya, atau dari tidak bersedia memilih partai politik tertentu menjadi bersedia memilihnya dalam pemilu), dan sebagainya. (Mulyana, 2002: 63-65)
Sedangkan Joseph A DeVito menambahkan tiga unsur lainnya yaitu :
6. Konteks,
Dalam unsur konteks ada empat dimensi di dalamnya. 1.fisikal 2. psikologi sosial 3. waktu 4. budaya. Secara fisikal merupakan dimensi yang terukur dari lingkungan atau tempat dimana komunkasi itu terjadi. Sosial psikologi merupakan status hubungan antara partisipan komunikasi, pertemanan, formal atau tidak formal hubungan, serius atau humor situasi.Waktu adalah saat yang di gunakan dalam berkomunikasi. Budaya disini berhubungan dengan kepercayaan, nilai yang dianut, cara yang dilakukan dalam kelompok secara turun menurun (DeVito, Joseph A, 2006: 4)
7. Etiks, (ethics)
Dimensi ini sangat komplikasi, dikarenakan etik sangat berkaitan erat dengan philosophi seseorang dalam kehidupan dan budayanya. Segala keputusan dalam berkomunikasi bergantung pada nilai etik yang digunakan sebagai petunjuk mana yang benar dan yang salah (DeVito, Joseph A, 2006: 10-11)
8. Gangguan (noise)
Adalah penghambat dalam berkomunikasi, segala sesuatu yang menggangu pada pesan, penerimaan pesan. Gangguan dapat berupa atau berbentuk fisik dari luar. Psiologikal, berbentuk gangguan fisik di dalam diri komunikan atau komunikator. Psikologikal, bentuk gangguan kognitif atau mental(kemarahan, kesedihan, buruksangka dll). Semantik, perbedaan arti kata yan tersampaikan dari komunikan dan komunikator DeVito, Joseph A, 2006: 10-11)

Tujuan Komunikasi
Menurut Joseph A DeVito ada beberapa tujuan manusia berkomunikasi yaitu :
1. Mencari tahu, terhadap informasi yang di perlukan
2. Membina hubungan, melalui interaksi antara komunikator( pemberi pesan) dan komunikan ( penerima pesan). Bentuk komunikasi yang terjadi seperti sapaan, berdiskusi/ bercakap- cakap.
3. Menolong, dalam memberikan apa yang diinginkan dan di perlukan melalui pertanyaan, pernyataan.
4. Membujuk, komunikasi digunakan agar seseorang mengikuti apa yang kita maui.
5. Kesenangan

Elemen transaksional
“Communication 'is transactional, which means that the elements in communication are interdepen¬dent. Each person in the communication act is both speaker and listener; each person is simultaneously sending and receiving messages (Barnlund, 1970; Watzlawick, 1971, 1978: Vatzlawick, Beavin, & Jackson, 1967; Wilmot. 1987 dalam DeVito, Joseph A., 2006). ”Komunikasi sendiri merupakan bentuk transaksional dimana ada hubungan antara komunikan dan komunikatornya dalam mengirim dan menerima pesan yang membawa pada berbagai konsekwensi yaitu:
1. Komunikasi merupakan proses yang berubah-rubah.
2. Setiap elemen komunikasi saling berhubungan, misalnya tidak ada komunikator jika tidak ada komunikannya.
3. Reaksi dari transaksi komunikasi berdasarkan situasi pada saat itu.
4. Jika dua orang komunikan mendegarkan pesan yang sama bisa jadi menerima dalam arti yang berbeda berdasar persepsinya masing-masing.

Proses Komunikasi
Jalannya komunikasi ini terlihat dalam suatu proses, pandangan atau pula model, di dalamnya melibatkan elemen – elemen komunikasi yang ada. Ada tiga pandangan dalam proses komunikasi adalah,
1. Linear View, merupakan alur komunikasi satu arah dari komunikator kepada komunikannya
2. Interactional View, Komunikasi yang terjadi dua arah dari komunikator ke komunikan ataupun sebaliknya.
3. Transactional view. Komunikasi yang terjadi dua arah yang saling membangun pesan dan bertanggung jawab terhadap keberhasilan komunikasi tersebut.

Tipe komunikasi
Berdasarkan tipe komunikasi yang ada dapat dikelompokan dalam 5 bentuk tipe berdasar komunikanya dan proses yang terjadi didalamnya:
 Intrapersonal communication (komunikasi intrapersonal, bagaimana orang mengolah informasi yang diterimanya. Meliputi sensasi, persepsi, memori, dan berpikir pada diri sendiri( (Rakhmat, Jalaludin, 2000)
 Interpersonal communication ( Komunikasi antar persona, komunkasi biasanya terjadi antara dua individu)
 Small group communication ( komunikasi kelompok, komunikasi yang terjadi dalam sebuah kelompok yang terbatas jumlahnya)
 Mass communication ( komunikasi massa, komunikasi yang menggunakan media massa pada khalayak yang tidak di kenali)
 Public communication (Komunikasi publik, komunikasi antara pembicara dengan audiencenya yang di ketahui.)(Devito, Joseph A. :13)

Komunikasi kesehatan
Berdasarkan fokus perhatian dalam tema/ bidang, komunikasi dapat di lihat berdasarkan hal tersebut. Komunikasi dokter-pasien-keluarga dapat di masukan dalam fokus komunikasi kesehatan.
Ada beberapa definisi tentang komunikasi kesehatan:
 The study and use of communication strategies to inform and influence individual and community decisions that enhance health (2001; U.S. Department of Health and Human services, 2005)
 The art and technique of informing, influencing, and motivating individual, institutional, and public audiences about important heath issues ( Healthy people 2010)
 Health communication is a multifaceted and multidisciplinary approach to reach different audiences and share health-related information with the goal of influencing, engaging, and supporting individuals, communities, health professionals, special groups, policymakers and the public to champion, introduce, adopt, or sustain a behavior, practice, or policy that will ultimately improve health outcomes.(Renata Sciavo, 2007: 7)
Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi kesehatan bertujuan akhir untuk meningkatkan kondisi kesehatan yang lebih baik. Dalam prosesnya ada beberapa isu yang harus dipertimbangkan ketika kita merencanakan berbagai kegiatan komunikasi kesehatan, seperti yang disampaikan Edwards and Hugman:
• 1 Tujuan / maksud dari pesan
• 2 Kondisi pikiran atau sikap termasuk kemampuan kognitif, dan situasi
• emosional
• 3 Konteks secara umum atau kondisi pesan akan di terima
• 4 Medium yang digunakan dalam berkomunikasi
• 5 Mekanisasi tanggapan / respons
• 6 Monitor dan evaluasi (Edwards and Hugman ,1997: 223)
Pada Konferensi Internasional Komunikasi Kesehatan menghasilkan 'Toronto Consensus Statement' terhadap hubungan antara praktek komunikasi dan hasil kesehatan (Simpson et al., 1991). Pernyataannya membuat delapan titik kunci: 1 permasalahan komunikasi di/dalam praktek medis adalah penting dan umum. 2 ketertarikan pasien dan ketidak puasan adalah yang berhubungan dengan ketidak pastian serta kekurangan informasi, penjelasan dan umpan balik. 3 Dokter sering salah persepsi terhadap jumlah dan jenis informasi yang diingin oleh pasien. 4 Peningkatan kualitas komunikasi klinis adalah yang berhubungan dengan hasil kesehatan positif. 5 Penjelasan dan perhatian pemahaman pasien, ketika mereka tidak dapat diselesaikan / di raih merupakan kegagalan 6 Partisipasi yang besar dari pasien dalam pertemuan meningkatkan kepuasan, pemenuhan dan hasil penanganan. 7 Tingkat kesusahan psikologis pasien dengan penyakit serius adalah lebih sedikit ketika mereka merasa diri mereka ke telah menerima informasi cukup. 8 Keuntungan komunikasi klinis adalah secara rutin mungkin diperoleh praktek klinis dan mungkin selama pertemuan klinis yang rutin, tanpa terlalu mengambil waktu, dengan ketentuan bahwa petugas kesehatan telah mempelajari teknik2yang relevan.

Komunikasi Intrerpersonal
Komunikasi antara dokter – pasien-keluarga, merupakan bentuk dari tipe komunikasi interpersonal ( interpersonal communication) sebagai sebuah proses transaksi pesan antara dua individu untuk menciptakan atau mempertahankan pemahaman.. Ada beberapa prinsip dalam komunikasi interpersonal yaitu:
• Is unavoidable, tidak dapat terhindarkan , setiap orang tidak bisa tidak berkomunikasi
• Involves symbol exchange,terkandung di dalamnya pertukaran symbol-simbol baik itu melaui verbal dan non verbal
• Is ruled-governed, peraturan yang ada menjadi pegangan dan petunjuk dalam berkomunikasi untuk mempertahan kan hubungan , misalnya mengucapkan terima kasih jika orang memberikan sesuatu dll)
• Is learned, merupakan proses belajar, saling memahami, saling menerima terhadap pesan.
• Has content, selalu memiliki pesan
• Has relationship information, memiliki hubungan informasi, karena dalam pertukaran informasi selalu ada proses menerima dan mengartikan pesan tersebut)
Dalam komunikasi interpersonal memiliki empat elemen utama, seperti diungkapkan oleh Burton:
• the core of self,
• needs and motivations,
• cognitions monitoring the reactions of others.
Burton and Dimbleby (1995),

Komunikasi Dokter- pasien
Menurut Ong et al. (1995) dalam Dianne Berry, hubungan dokter dengan pasien merupakan hubungan interpersonal yang sangat kompleks, dikatakan kompleks karena tidak setara posisi, ada emosianal yang berpengaruh, membutuhkan kerjasama yang dekat/ baik. Roter and Hall (1992) menggambarkan empat dasar bentuk,: default (kelalaian) tidak terkontrolnya dari bagiannya, paternalistic(kebapakan) dominannya dokter dan pasifnya pasien, consumerist(berkaitan dengan hak pasien dan tugas dokter dan mutualistic(kesamaan) saling berbagi untuk membuat keputusan .
Komunikasi yang efektif antara pasien dan dokter dapat memberikan keuntungan yang banyak. Ini penting untuk ketepatan dan kelengkapan pengumpulan data mengenai simton, side efek, mengurangi masalah, kepatuhan untuk mengikuti rekomendasi tatacara pengobatan pengaruh emosi dan kesehatan fisik dan juga membuat kepuasan pada kedua belah pihak. Ada empat faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan efektifitas interaksi dokter – pasien. Edelmann (2000):
1 Karakter dari dokternya (khususnya jenis kelamin dan pengalaman)
jeniskelamin
3 Perbedaan-perbedaan antara keduanya dalam kelas sosial, pendidikan, sikap, kepercayaan dan harapan .
4 Faktor situasional

Dokter harus berkomunikasi dengan pasien memiliki beberapa tujuan. Ong et al. (1995) menyankan ada tiga tujuan dasar dari komunikasi dokter pasien: membuat hubungan yang baik antara mereka, saling tukar menukar informasi dan membuat keputusan medik.
Membuat hubungan yang baik
Merupakan langkah paling awal agar dapat secara optimal dalam melakukan perawatan kesehatan. Suksesnya hubungan dan komunikasi antara dokter dan pasien dapat memberikan efek yang positif dalam kepuasan pasien, pengetahuan serta pengertian dan keinginan untuk melakuakan perawatan dalam meraih kesembuhan.
Saling bertukar informasi.
Dari sisi medik informasi yang jelas dari pasien sangat di perlukan untuk membuat diagnosa, kondisi yang tepat, serta langkah berikutnya dari data yang diterima.. Bagi pasien diperlukan komunikasi yang jelas dan lengkap tentang apa yang terjadi pada dirinya dan apa yang harus di lakukan untuk kesembuhannya. Dokter harus mampu menggali informasi dengan memberikan pertanyaan yang tepat isi dan saat penyampaiannya. Pasien memberikan penjelasan dengan selengkapnya sesuai pertanyaannya, juga menyampaikan segalanya yang terlewat di tanyakan.
Ketrampilan berkomunikasi dengan memperhatikan rasa empati merupakan dasar yang penting dalam menerapkan etika kedokteran dalam hubungan pasien dokter dan keluarga seperti dalam bagan berikut ini :



Hubungan etika profesi, empati dan Komunikasi (Samsuridjal Djauzi: 5)Alur Samsuridjal Djauzi menjelaskan dalam bukunya:
” penyelesaian masalah memerlukan keterampilan komunikasi, keterampilan praktis (P) dan keterampilan intelektual.Pada wawancara keterampilan komunikasi digabung dengan keterampilan intelektual (kognitif), yaitu pemahaman patofisiologi; hipotosis penyebab masalah melandasi jalannya wawancara. Keterampilan kognitif juga digunakan untuk memilih tes dan melakukan interprestasi tes. Berbagai tes (invasif maupun noninvasif) memerlukan keterampilan praktis (P).
Alur utama penyelesaian masalah : Wawancara ---) Pertimbangan klinis ditunjang oleh keterampilan intelektual dan komunikasi (---•). Keterampilan komunikasi merupakan awal dari perjenjangan Komunikasi Empati Etik Profesi. Keterampilan komunikasi dan empati dipengaruhi juga oleh nurani dokter.
Hasil wawancara, pemeriksaan jasmani dan interpretasi tes akan dianalisis dan disintesis melalui penalaran klinis (clinical reasoning) sedangkan penyelesaian masalah untuk menetapkan asuhan mau¬pun tindakan memerlukan pertimbangan klinis (clinical judgment) yang dilandasi etik profesi.”

Membuat keputusan medik
Ini adalah tujuan terakhir dari komunikasi yang dilakukan bagi pasien dan dokter.Dari saling berbagi informasi didapat keputusan yang tepat tentang status pengobatan, perawatan bagi pasien guna meraih kesembuhan dan kepuasan pasien.

Komunikasi dokter-keluarga
Dalam kondisi sakit biasanya pasien jarang eksis, hal ini menjadikan keluarga pasien, teman ataupun kerabat memegang peranan penting dalam mendukung pasien dan meningkatkan perbaikan kondisi pasien.. Hal ini sangat terasa pada kasus pasien yang depressi, stress dan memiliki penyakit yang serius. Keluarga dapat mendukung agar pasien menjalankan segala saran pengobatan. Setiap anggota keluarga dapat memberikan dukungan yang berbeda kepada pasien tergantung kedekatan dang pengaruhnya dalam keluarga.Berkomunikasi dengan anggota keluarga pasien yang berbeda tingkat pengetahuan dan tingkat emosinya dapat memberikan kejelasan bagi dokter, atau petugas kesehatan. Tetapi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda bergantung dengan kedudukan dalam keluarga, dalam mencapai informasi yang benar, juga dalam memberikan informasi sebenarnya mengenai situasi pasien, apalagi ada informasi yang tidak dapat disampaikan kepada pasien.
Northouse and Northouse (1998)menunjukan, Jika terlalu banyak perhatian yang harus diberikan kepada keluarga pasien dan temannya, sebaiknya menjadi kekuatan untuk bersama-sama mendukung dan memberi kekuatan pada pasien untuk perolehan kesehatannya. Jika keluarga memegang peranan penting dalam hal tersebut mereka memerlukan komunikasi yang efektif dari dan dengan petugas kesehatan. Hal ini untuk menghindarkan didapati informasi yang disampaikan pasien ke keluarga sudah disaring oleh keluarga dalam penyampaian ke dokter, atau penjaga ketenangan pasien dengan hanya memberikan informmasi yang tidak menyeluruh pada pasien.
Dalam kasus –kasus tersebut, komunikasi yang baik dengan keluarga pasien tidak dapat di hindari, dan harus menjadi perhatian serius bagi dokter atau tenaga kesehatan. Perlu di lihat dan di perhatikan juga berbagai bentuk keterikatan keluarga dalam proses berkomunikasi, antara lain 1. Orangtua paling utama, dimana posisi orang tua sangat berkuasa mutlak terhadap anggota keluarganya, terutama pada si pasien 2. Saling menyalahkan, dimana setiap anggota keluarga selalu saling menyalahkan anggota keluarga lainnya 3. Keluarga yang berantakan, dan 4.partisipasi dalam wawancara, terutama dalam situasi pasien yang tidak berdaya.

Mengkomunikasikan informasi ketidakpastian dan beresiko
Informasi medik terkadang kompleks dan sulit untuk disampaikan, terutama pada situasi keadaan pasien yang kritis ataupun menjelaskan situasi sebenarnya dari bahasa medik kepada bahasa keseharian. Di bawah ini ada beberapa hal yang dapat diperhatikan dalam komunikasi dalam situasi tersebut di bawah:
• Verbal versus numerical descriptions of risk likelihood, membantu menjelaskan angka-angka sebagai informasi yang dapat dipahami oleh pasien atau keluarganya
• Framing effects, ketika informasi tersebut terbingkai sebagai informasi positif atau negatif.
• Absolute and relative risk, penyampaian informasi mengenai resiko yang akan di hadapi oleh pasien .
• The order of information, yang harus diperhatikan bukan saja isi dari pesan yang akan di perhatikan tetapi juga bentuk atau cara penyampaiannya.

Ethik isu dalam komunikasi kesehatan.
Dalam upaya mencapai komunikasi yang efektif tentunya juga harus memperhatikan cara komunikasi yang sesuai nilai etika yang berlaku. Ada empat hal yang harus di ingat dan diperhatikan dalam etika medik:
• 1 Respect for patient autonomy. Menghargai keinginan pasien dan membantunya untuk mengambil keputusannya sendiri
• 2 Beneficence. Memberikan keuntungan bagi pasien
• 3 Non-maleficence. Dokter tidak boleh merugikan pasiennya
• 4 Justice. Memperlakukan dengan wajar, adil bagi pasien-pasiennya.
Menyampaikan kebenaran dengan tepat kepada pasien sesuai tujuan yang akan disampaikannya.Kemampuan komunikasi ini dapat menimbulkan kepuasan bagi pasien juga keberhasilan bagi dokter. Oleh karena itu perlunya peningkatan kemampuan berkomunikasi bagi kedua belah pihak. Dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi bagi dokter ada beberapa dasar yang perlu di perhatikan. Dianne Berry dalam bukunya menegaskan kemampuan yang harus di latih bagi dokter yaitu: bertanya, menjelaskan dan menyampaikan informasi, memberi perhatian dan mendengarkan, penguatan, perefleksian, membuka dan menutup interaksi serta mengatasi/mengatur konflik.

Penutup
Kemampuan berkomunikasi pada dokter dapat saja sebagai suatu keahlian yang bisa saja sudah dimiliki oleh setiap manusia, karena sebagai makhluk sosial pastinya melakukan interaksi, akan tetapi keahlian tersebut dapat dimunculkan melalui pengasahan dan pembelajaran mengenai penerapan ilmu komunikasi itu bagi kemampuan komunikasi antara dokter-pasien dan keluarga. Sudah pada saatnya pembelajaran komunikasi bagi dokter sebagai salah satu mata kuliah yang ada dalam proses penyiapan dokter terjun di lapangan. Pembelajaran komunikasi ini juga menjadi bagian yang harus dimiliki pula oleh pasien dan keluarga yang di stimulasi oleh dokter. Terjadinya komunikasi yang efektif antara dokter –pasien- dan keluarga menjadi langkah dalam mewujudkan kesehatan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger