Rabu, Mei 20

Hubungan antara Perencanaan Strategis dan Budaya Organisasi dengan Efektivitas Organisasi Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat (2008).

ABSTRAK

DIDIN RACHMAT. Hubungan antara Perencanaan Strategis dan Budaya Organisasi dengan Efektivitas Organisasi Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat (2008). Program Pascasarjana Magister Manajemen Kesehatan Jakarta.
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan hubungan antara perencanaan strategis dan budaya organisasi dengan efektivitas organisasi Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat yang berlangsung 2 (dua) bulan dari bulan Juni sampai dengan Juli 2008. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Responden penelitian adalah pegawai kantor Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat sebanyak 30 orang pegawai yang dipilih berdasarkan teknik acak sederhana (simple random sampling). Instrumen yang dipergunakan adalah angket untuk menghimpun data variabel perencanaan strategis, budaya organisasi dan efektivitas organisasi.
Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana, dan korelasi ganda, serta teknik regresi yang terdiri dari regresi linier sederhana dan ganda. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, terdapat hubungan positif antara perencanaan strategis dengan efektivitas organisasi kantor Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat. Ini berarti bahwa makin baik perencanaan strategis seorang pegawai akan makin tinggi pula efektivitas organisasi pegawai tersebut.
Kedua, terdapat hubungan positif antara budaya organisasi dengan efektivitas organisasi kantor Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat. Artinya makin baik budaya organisasi seorang pegawai, makin tinggi pula efektivitas organisasi pegawai tersebut.
Ketiga, terdapat hubungan positif perencanaan strategis dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan efektivitas organisasi kantor Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bandung Barat. Dengan demikian berarti bahwa makin baik perencanaan strategis seorang pegawai dan makin baik budaya organisasinya, akan makin tinggi pula efektivitas organisasi pegawai tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

To be silent is the biggest art in a conversation.

Loading...