Jumat, Januari 15

NOTES, pembedahan melalui lobang-lobang alami tubuh


notes1NOTES (Natural Orifice Transluminal Endoscopic Surgery) adalah pembedahan yang dikerjakan melalui lobang-lobang alami tubuh, seperti mulut, lobang kemaluan, lobang dubur, telinga dll. Jadi operasi jenis ini tidak membutuhkan torehan di permukaan tubuh melainkan insisinya dilakukan di lapisan tubuh bagian dalam sehingga tidak akan terbentuk scar/bekas luka di bagian kulit kita. Teknik ini merupakan terobosan baru yang tentu lebih advance dari minimal invasive surgery yang sudah banyak digunakan saat ini. NOTES masih dalam pengembangan dan yang pertama kali mempublikasikan istilah ini dan baru terbatas saat itu penerapannya hanya pada binatang adalah Tim Peneliti dari John Hopkins Univesity. Belakangan teknik ini pernah digunakan di India untuk operasi apendik pada manusia, melalui lambung atau apa yang disebut dengan transgastic appendectomy. Pada 25 Juni 2007 Swanstom dan kawan2nya melaporkan pengerjaan transgastric cholecystectomy yang pertama kali pada manusia. Setelah itu sekelompok dokter Bedah dari Portugal mencoba melakukan NOTES dengan mengkombinasi dari 2 akses untuk mempermudah dan memaksimalkan hasil pembedahannya. Dilaporkan mereka telah berhasil mengerjakan cholecystectomy secara transgastric dan trasvesical approach (operasi pengangkatan kandung empedu melalui mulut dan saluran kencing yang kemudian alatnya ditembuskan melewati lambung dan kandung kencing). NOTES dengan akses transvaginal dikatakan lebih aman dan lebih mudah diaplikasikan. Group peneliti NOTES dari Rio de Janeiro, Brazil dipimpin Dr. Ricardo Zorron pada awal bulan Maret 2007 telah melakukan serial pembedahan cholecystectomy transvaginal pada 4 orang pasien. Tentu pengerjaan ini hanya dapat dilakukan pada pasien wanita saja. Selain di bidang Bedah Digestif sampai saat ini NOTES sudah diterapkan di sub Bedah Urologi, Bedah Saraf dan lain-lain.

NOTES telah menjadi paradigma baru dalam dunia pembedahan. Jauh lebih mengungguli teknik laparoscopy yang menjadi trend pada era tahun 1980 dan 1990. Keunggulannya selain hanya membutuhkan anasthesi rendah, juga recovery pasien bisa dipercepat, mengurangi waktu tinggal di rumah sakit serta bisa terhindar dari komplikasi luka transabdominal seperti infeksi dan hernia. Selain itu NOTES akan mengurangi efek immunosupresif, mengembalikan dengan cepat fungsi paru dan diafragma pasca operasi. Dan yang paling mudah dinilai pasien, bahwa dengan NOTES tidak akan menimbulkan bekas luka pada permukaan tubuh…

Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Laparoscopy saja masih tergolong teknik baru, walaupun sudah luas penggunaannya di kota-kota besar, apalagi NOTES!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger